Pelaksanaan Esemka Muda E-Sport Tournamen. 

 

Surabaya – Perkembangan tekhnologi dewasa ini semakin tumbuh pesat. Electronic Sport (E-Sport) atau olahraga elektronik adalah salah satu contoh perkembangan tekhnologi yang sedang digandrungi di kalangan anak muda saat ini. Beberapa waktu lalu, e-Sports sama sekali tidak dikenal. Akan tetapi, sekarang ini fenomena e-Sports terus berkembang dan mendapat perhatian dari berbagai kalangan, bahkan menjadi cabang resmi olahraga. Dengan bermodal laptop/PC atau smartphone, siapapun bisa memainkannya. 

SMK Muhammadiyah 2 Surabaya (Muda) menjadi bagian yang memberikan perhatian terhadap e-Sport dengan menggelar kegiatan bertajuk “Esemka Muda E-Sport Tournament”. Acara ini dilaksanakan selama dua hari mulai 24 hingga 25 Mei 2021. Tournamen tersebut diikuti oleh 35 tim khusus untuk jenjang SMP.

Ketua pelaksana Esemka Muda E-Sport Tournament Hijri Alaudin menyampaikan “kegiatan ini awalnya bertujuan untuk mengenalkan sekolah kepada khayalak khususnya orang tua dan calon siswa agar mengetahui keberadaan lokasi SMK Muhammadiyah 2 Surabaya yang baru” ujarnya.

Pada perkembangannya, Hijri Alaudin mengatakan  acara ini digelar untuk memberi edukasi kepada pelajar untuk mengenal lebih jauh tentang E-sport “Anak-anak bisa berprestasi melalui E-Sport dan menjadi ajang pembuktian ke orang tua yang selama ini memandang negatif E-Sport, apalagi e-Sport sendiri sudah resmi masuk cabang olahraga” ujarnya lewat sambungan online. 

Kegiatan tersebut sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang belajar siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 surabaya untuk menjadi penyelenggara tournament yang profesional sesuai dengan standart event. 

Dalam acara tersebut turut hadir Ketua Harian E-sport Indonesia (ESI) Provinsi Jawa Timur myang meninjau pelaksanaan turnamen tersebut. Ia menjelaskan, untuk tingkat penyelenggara SMK, ini baru pertama kali dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 2 Surabaya, dan cukup bagus serta sukses.

“Biasanya tournament Esport diadakan oleh tingkat mahasiswa. Ini baru pertama kali SMK yang menyelenggarakan dan pesertanya juga cukup banyak. Serta dari segi broadcasting juga cukup baik tidak kalah dengan event esport nasional,” ujar Daniel.

Ia pun menyampaikan, ajang seperti ini sangat penting untuk memberikan edukasi serta pengalaman bagi para remaja yang tertarik Esport. Bahkan supaya menjadi pembuktian diri kepada orang tua, bahwa main game bisa mendapatkan prestasi.

Pada perhelatan kali ini Genk Trabasz keluar menjadi juara 1 Esemka Muda E-Sport Tournament. Untuk diketahui, acara Esemka Muda E-Sport Tournament diikuti peserta dari Sidoarjo, Surabaya dan Gresik. Para pemenang ini juga mendapatkan uang pembinaan dengan total hadiah Rp 21 juta. (irul)

 
Hubungi via Whatsapp!