SD MUHAMMADIYAH GBK1 GRESIK

A. DATA SEKOLAH

Tahun Berdiri : 11 April 1995
Alamat Sekolah : Jl. Belitung IV/20 GKB Gresik RT 2 RW 8 Raduagung Kebomas Gresik JawaTimur 61121
Telepon/ Fax : (031) 3952093/3952093
Website : http://www.sdmuhammadiyahgkb1.sch.id
E-Mail : [email protected]
No. Statistik Sekolah : 104050107031
Jumlah Pendidik : 53 orang (S2: 1, S1: 52)
Jumlah Tenaga Kependidikan : 11 orang (S1: 1, SMA: 10)
Jumlah Siswa : 762 siswa (Lk: 410, Pr: 352)
Jumlah Rombel : 25 rombel
Luas Tanah Dan Bangunan : 5.654 m2 dan 3.654 m2
Kepala Sekolah : Idayanti, S.Pd. No. Hp : 0813.3051.9845

B. CIRI KHAS/KEUNGGULAN

1. Pendidikan Karakter Islami
SD Muhammadiyah GKB 1 Gresik memadukan kurikulum nasional dan kurikulum Muhammadiyah yaitu Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang menitik beratkan pada program Pembiasaan dan Pembinaan Karakter yang merupakan perpaduan antara pendalaman wawasan dan pengetahuan siswa didik agar menjadi bekal yang mantap ke jenjang berikutnya. Program Pembiasaan dan pembinaan karakter antara lain penyambutan siswa, do ‘a dan tadarus, kultum siswa, pembinaan wudhu, shalat dhuha, shalat tahajjud, shalat fardhu (dzhuhur dan ashar), keputrian, relegion day, penerapan bahasa arab (muhadatsah
shobahiyah), tahfidz qur’an, malam taqorrub, dan pesantren kilat Darul Arqam. Selain itu ada gerakan infaq Rp 1.000,- /hari/siswa oleh seluruh siswa di tiap kelas yang dikoordinir oleh ketua kelas dan bendahara sementara dana yang terkumpul diserahkan kepada LAZISMU untuk disalurkan dan pendistribusiannya melibatkan siswa. Bagi kelas dengan jumlah infaq terbanyak mendapat reward berupa piala bergilir.

2. Field Trip atau Out Door Class
Untuk memberikan pengalaman langsung di lapangan serta suasana baru bagi para siswa didik, SD Muhammadiyah GKB 1 Gresik mengadakan program out door class dan field trip atau wisata edukasi. Selain untuk memberikan pembelajaran di alam terbuka atau di lokasi tempat kunjungan, diharapkan siswa lebih mudah memahami dan menguasai dengan materi yang sedang diajarkan karena terlibat atau praktek secara langsung. Wisata edukasi ini dilakukan di berbagai tempat, antara lain: kantor pos, kepolisian, kebun percobaan holtikultura, museum, dll.

C. KIAT-KIAT MENJADI SEKOLAH YANG UNGGUL DAN MAJU

1. Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah
Kepala sekolah adalah “pemimpin dari pemimpin” bukan “pemimpin dari pengikut.” Artinya selain kepala sekolah sendiri selaku pimpinan, ada banyak pemimpin berdasar dengan masing-masing kewenangan. Sehingga dalam pengambilan keputusan harus terjadi shared decision making. Selain itu Kepala Sekolah seyogyanya melakukan komunikasi yang baik dan intens dengan para guru untuk memahami dan membentuk budaya dan etos sekolah. Umumnya Kepala Sekolah harus memiliki Lima dimensi kompetensi yaitu: kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.

2. Meningkatkan Kualitas dan Komitmen SDM
Solidnya setiap SDM sebagai team work serta komitmen yang tinggi untuk mencerdaskan generasi muda Muhammadiyah akan selalu memberikan inspirasi dan dampak postitif kepada siswa. Demikian juga kualifikasi para pendidik. Minimal mereka memiliki kemampuan antara lain: Terampil menggunakan model pengajaran berdasarkan penelitian. Bekerja secara tim dalam merencanakan pembela
jaran, menilai siswa, dan dalam memecahkan masalah. Menjadi mentor bagi koleganya. Mengupayakan pembelajaran yang efisien dan berkolaborasi dengan orang tua, keluarga, dan anggota masyarakat lain demi peningkatan kualitas pembelajaran siswa.

 

Hubungi via Whatsapp!